[Nasional-f] [das-capital] Gula Impor, neh, murah-meriah

Simon Mangande nasional-f@polarhome.com
Sat Sep 14 06:24:04 2002

Halo para ekonom dan yang menamakan diri ekonom

Saya bingung neh. Pabrik gula dalam negeri protes gula impor.
Mereke berteria, "Hentikan gula impor?"

Misalnya, kalau produksi gula dalam negeri,
ongkos produksinya Rp 3.600,- per kg.
Impor gula hanya Rp 2.600,- per kg.

Lah ini yang bikin pale gue puyeng.
Ngapain capek-vapek produksi,
kalau dengan impor saja lebih murah?
Eman-eman Rp 1000,- per kg 'kan?

Kalau dikatakan, banyak karyawan akan menganggur,
lah bikin pabrik non-gula.

Ada yang bisa jelaskan mengapa mereka harus cenderung
men-stop gula impor dan produksi sendiri dengan biaya tinggi?
Bodhkah saya kalau saya lebih suka diimpor saja,
lalu yang Rp 1000,- per kg itu untuk rakyat miskin?

Salam Das-Capital ?

Simon Mangande
http://www.hit.as/id

4 DVDs Free +s&p Join Now